Jenis-Jenis Layanan Catering Daerah Jakarta

Read , ,

Kotak Makan Siang,  Menunya Gimbal Udang,  Tahu Baso,  Gado Gado,  Salak,  Sambal
Kotak Makan Siang, Menunya Gimbal Udang, Tahu Baso, Gado Gado, Salak, Sambal

Jasa catering di Jakarta secara umum tersedia dalam pelbagai gaya dan format yang beda-beda. Dan tentu saja, tiap-tiap layanan catering tersebut hanya cocok buat moment, kesempatan, atau momentum yang berbeda pula.

Jenis makanan dan minuman yang dihidangkan dan dalam jumlah dan dekorasi, bisa lebih rumit dibandingkan dengan yang difikirkan pada sebagian besar orang, dan itulah pertimbangan terhadap informasi umum yang ditampilkan di Balik daftar catering di Jakarta ini.

Di sini Anda bisa mendapatkan penjelasan perihal jenis layanan catering di Jakarta yang ada dan apa yang bisa Anda peroleh dari mereka.

Catering Kantor

Di saat memasuki waktu istirahat makan siang, dimana para karyawan berkumpul di ruang kantor, kebanyakan mereka berfikir hidup akan sungguh-sungguh mudah dan praktis bila bisa menyantap makanan lezat dan menikmati minuman menyegarkan yang diinginkan tanpa meninggalkan ruangan. Lalu dari sinilah timbul inspirasi untuk memakai layanan catering makan siang.

Ada banyak manfaat dengan menyediakan layanan catering di kantor. Dengan Catering Jakarta yang mengirimkan santapan langsung ke tempat kerja, hal itu akan membuat karyawan fokus pada tugas-tugas yang lebih penting dan memungkinkan pekerja menghemat energi dan waktu sehingga bisa konsentrasi penuh dalam bekerja.

Menu yang umumnya disediakan dalam paket catering makan siang umumnya jenis masakan sehari-hari seperti nasi, ayam goreng, tumis kangkung, sambal, dan buah potong, dimana susunan menunya berubah setiap hari dan dirancang untuk seminggu atau sebulan sekaligus.

Coffee Break

Pada dasarnya, coffee break merupakan model layanan kuliner yang lebih spesifik pada penyajian kopi, teh, dan aneka snack pada aktivitas yang berlangsung cukup lama seperti acara pertemuan, seminar, atau acara perusahaan supaya suasana jadi lebih rileks. Penyediaan sajian semacam ini tidak cuma bertujuan untuk menyuguhkan minuman yang menyegarkan dan membuat suasana lebih santai, tetapi makanan ringan yang disuguhkan diharapkan bisa mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh pesertanya serta mengurangi tekanan psikologis dalam penyampaian materi yang padat dan melelahkan. Dengan begitu, coffee break mampu memberi perasaan tenang, memulihkan tenaga, dan bisa mencairkan suasana acara yang tegang dan kaku.

Suguhan coffee break bisa memberi dampak positif pada ketenangan fikiran para peserta acara untuk menuntaskan kegiatan pelatihan tersebut hingga akhir. Dalam hal ini, staff dari penyedia catering di Jakarta dituntut untuk mempunyai keterampilan profesional dalam penyajian makanan dan minuman, serta punya perilaku yang ramah, responsif, dan simpatik. Peran penting coffee break dalam membangun kondisi yang menyenangkan sewaktu acara membuat beberapa perusahaan atau kantor sering menggunakannya ketika mengadakan acara pertemuan atau seminar.

Hidangan coffee break umumnya terdiri dari minuman panas seperti kopi dan teh, atau infused water yang terasa lebih segar dan sehat. Selain itu, biasanya disajikan pula beberapa snack seperti lemper, resoles, pastel, kroket, dadar gulung, pisang bolen, atau kue rebusan seperti arem-arem, kue nagasari, dan kue Bugis.

Catering Prasmanan

Layanan catering prasmanan cenderung disediakan buat event skala besar atau perhelatan yang melibatkan banyak orang seperti pesta pernikahan atau acara buka puasa bersama dengan menyediakan aneka jenis makanan. Hidangan untuk layanan catering prasmanan harus dipersiapkan oleh koki yang berpengalaman memasak dalam kapasitas besar dan tak boleh dikerjakan oleh orang lain selain profesional.

Hidangan buffet memungkinkan tamu memilih dan mengambil olahan sesuai kemauan dan porsinya masing-masing. Disamping itu, layanan catering prasmanan juga bisa meminimalisir tenaga tambahan untuk melayani tamu yang berimbas pada efisiensi anggaran.

Susunan menu yang lazim dihidangkan pada layanan catering prasmanan ialah sapi lada hitam, ayam rica-rica, sambal goreng udang, dan kakap asam pedas sebagai menu utama. Sedangkan untuk sayur, biasanya disediakan sayur berkuah seperti sop jamur, sop kimlo, atau asinan sayur serta sayur non kuah atau tumisan seperti capcay, otak-otak pakcoy, atau gado-gado. Hidangan ini lazimnya dilengkapi dengan minuman, sambal, dan kerupuk.

Menu Gubukan

Menu gubukan adalah layanan Catering Jakarta yang menyajikan makanan secara terpisah dalam pondok-pondok, dimana setiap pondokan menyuguhkan satu macam makanan. Layanan catering seperti ini umumnya membutuhkan budget yang cukup besar karena memang butuh peralatan dan tenaga penyaji yang tidak sedikit.

Kelebihan menyediakan aneka menu gubukan ialah tamu bebas menentukan dan mengambil makanan yang disiapkan. Tetapi kekurangannya makanan bisa cepat habis dan resiko tamu yang datang belakangan bisa saja kehabisan makanan. Sebab itu, supaya tidak bikin malu, perencanaan, pemilihan menu, serta proses penyajiannya mesti betul-betul dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan cermat.

Menu pondokan biasanya menyuguhkan makanan kecil yang cukup mengenyangkan seperti siomay, baso, batagor, mie pangsit, tempura, dimsum, pempek, soto, atau berbagai makanan kecil lainnya. Selain menu-menu yang telah disebutkan, menu gubukan biasanya menyajikan minuman panas atau dingin seperti kolak pisang, wedang ronde, es kelapa muda, bubur kacang hijau, atau es dawet. Menu yang dipilih tergantung pada keperluan atau tema acara yang diselenggarakan.

Nasi Kotak

Banyak penyelenggara yang menyukai layanan Catering Jakarta yang satu ini karena praktis, murah, dan mudah dalam penyajiannya. Paket nasi box biasanya digunakan untuk hajatan dalam ruangan yang sempit, acara di luar ruangan, atau kegiatan yang memerlukan fleksibilitas dalam mobilitas tinggi. Sangat cocok untuk acara pertemuan, pengajian, study tour, acara sekolah, acara buka puasa bersama, atau kegiatan out door seperti piknik atau liburan bersama.

Dalam kemasan nasi kotak, porsinya telah ditentukan untuk per individu. Meski menu untuk nasi kotak sangat bervariasi, namun paket nasi kotak umumnya berisikan nasi, lauk pauk, dan sayur. Rata-rata dalam setiap kardus yang dibagikan sudah dilengkapi dengan sendok dan tisu. Jadi bisa langsung disantap setelah menerimanya.

Menu untuk nasi box bisa berupa nasi putih yang dicetak dan dibungkus kertas, daun pisang atau daun Jati, rendang daging, ayam bakar, telur pindang, sambal goreng Kentang, mie goreng, tumis kacang panjang, kerupuk, sambal, dan jeruk. Dalam pilihan menunya, dapat diatur sesuai kebutuhan, selera, atau tema acaranya. Misal, di Bulan Ramadan, menu tersebut bisa ditambahkan dengan gorengan, takjil, dan kolak pisang, atau menu vegetarian untuk tamu yang tidak mau makan daging.

Sekarang Anda mempunyai ringkasan mengenai pelbagai jenis layanan catering di Jakarta dan apa saja yang bisa Anda peroleh dari paket kuliner tersebut. Anda dapat menyeleksi penyajian makanan dengan lebih baik dan bisa memilih layanan catering yang pas dengan yang Anda butuhkan.

Edit This